Menu Menu Menu … 7m+

Hohoho Baby Tita sudah 7m … ga kerasa *bo’ong de :D. Maemnya pun jadi lebih kompleks, karena sudah mulai dikenalkan dengan karbohidrat. Sebenarnya karbohidrat sudah boleh mulai usia 6m+, berupa serealia (beras putih, beras merah, oat) tapi saya prefer beri ke baby Tita usia 7m karena untuk meyakinkan saya sendiri kalau pencernaannya sudah kuat nerima yang berat berat *weleh emak parno.

Jadi, tetap melalui 4dr setiap mengenalkan makanan baru, tapi digabung dengan makanan yang sudah lulus 4dr. Bingung?? Awal aku bikin jadwal ini juga bingung banget. Tapi untungnya semua aku catat buat bekal untuk adeknya Tita kelak *alibi, sebenernya biar ga lupa sih, maklum punya sindrom gampang lupa

Adek Cetta’s 7m meal

<

WELCOME TO 7m ADEK CETTA
WEEK I MENU
BREAKFAST SELINGAN LUNCH SELINGAN DINNER
DAY 1 Puree alpukat ASI Bubur beras putih ASI ASI
DAY 2 Puree alpukat ASI Bubur beras putih ASI ASI
DAY 3 Puree pepaya ASI Bubur beras putih ASI ASI
DAY 4 Puree pepaya ASI Bubur beras putih ASI ASI
DAY 5 Puree mangga ASI Bubur beras merah ASI ASI
DAY 6 Puree mangga ASI Bubur beras merah ASI ASI
DAY 7 Puree pir ASI Bubur beras merah ASI ASI
WEEK II MENU
BREAKFAST SELINGAN LUNCH SELINGAN DINNER
DAY 1 Puree pir ASI Bubur beras merah ASI ASI
DAY 2 Puree apel ASI Oatmeal ASI ASI
DAY 3 Puree apel ASI Oatmeal ASI ASI
DAY 4 Pisang kerok ASI Oatmeal ASI ASI
DAY 5 Pisang kerok ASI Oatmeal ASI ASI
DAY 6 Pisang kerok ASI Kentang* ASI ASI
DAY 7 Jeruk Baby ASI Oatmeal ASI ASI
WEEK III MENU
BREAKFAST SELINGAN LUNCH SELINGAN DINNER
DAY 1 Jeruk Baby ASI Bubur beras putih+kaldu daging ASI ASI
DAY 2 Jeruk Baby ASI Bubur beras putih+kaldu daging ASI ASI
DAY 3 Jeruk Baby ASI Bubur beras merah+kaldu daging ASI ASI
DAY 4 Puree Pisang+Alpukat ASI Bubur beras merah+kaldu daging ASI ASI
DAY 5 Puree Pisang+Alpukat ASI Bubur beras merah+kaldu ceker ASI ASI
DAY 6 Puree alpukat+jeruk baby ASI Bubur beras merah+kaldu ceker ASI ASI
DAY 7 Puree alpukat+jeruk baby ASI Bubur beras putih+kaldu ceker ASI ASI
WEEK IV MENU
BREAKFAST SELINGAN LUNCH SELINGAN DINNER
DAY 1 Puree Pepaya+Jeruk Baby ASI Bubur beras putih+kaldu ceker ASI ASI
DAY 2 Puree Pepaya+Jeruk Baby ASI Bubur beras putih+kaldu daging+tempe ASI ASI
DAY 3 Puree apel+pir ASI Bubur beras putih+kaldu daging+tempe ASI ASI
DAY 4 Puree apel+pir ASI Bubur beras merah+kaldu daging+tempe ASI ASI
DAY 5 Puree apel+pir ASI Bubur beras merah+kaldu daging+tempe ASI ASI
DAY 6 Puree labu parang ASI Oatmeal+pisang ASI ASI
DAY 7 Puree labu parang ASI Oatmeal+pisang ASI ASI

Teteeep aja tampilannya jelek 😦

*Kentang langsung saya skip karena ternyata Tita ga suka, disuapin langsung dilepeh lepeh padahal sudah ditambahkan sufor tapi tetep emoh. Ga tau kenapa, mau ditanya alasannya juga belum bisa *ngayal tingkat dewa. Tanpa babibu, langsung deh ganti.

O ya kadang sore hari Tita aku beri potongan buah apa aja sak nemunya untuk cemilan dia, alhamdulillah anakku sudah pinter ngunyah & ga kesedak, meskipun pertama kasih ragu ragu juga, takut kalau kalau Tita kesedak. Ternyata anakku pinter plok plok plok seneeenngg …

Di sini Tita mulai aku kenalin dengan lemak hewani, cuma kaldunya aja sih belum daging beneran, dagingnya buat mam&pap nya ajah *hidiiihhh, dan juga mulai kenalin MSG. Looh kok MSG?? Eits, jangan emosi dulu dong, MSG nya yang alami, alam ini sudah nyiapin MSG yang oke punya lho misal: bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daun bawang (bawang pre), daun seledri, daun salam untuk menambah aroma. Dan bahan bahan itu yang aku jadiin campuran pembuatan kaldu daging & ceker.  Jadinya harum meski tanpa tambahan gula ataupun garam. Aku sertakan resepnya ya … gampang banget 🙂

Kaldu Sapi/Ayam

Bahan:

  • Daging sapi/Tulang Skengkel/Tulang Iga/Ceker/Tulang ayam
  • Daun Bawang
  • Seledri
  • Daun Salam
  • Bawang Putih
  • Bawang Bombay

Cara:

Cemplung semuanya jadi satu, masak sampai mendidih dengan api kecil supaya aroma kaldunya keluar maksimal

Bisa juga pakai SC, lebih praktis soalnya bisa ditinggal, caranya sama aja, tinggal cemplung cemplung, colokin, 3 jam kemudian matikan. Kok lama? Kan slow cook 🙂 … soal jadinya, hmmmm harum banget & gurih

Untuk bikin bubur beras ada 2 versi, langsung dari berasnya atau dijadikan tepung dulu, tapi babyku lebih seneng langsung dari berasnya, soalnya lebih kerasa wangi beras *ya iyalah mosok mau wangi bunga 😛

Bubur Beras Putih/Merah

Bahan:

  • 3 sdm beras putih
  • 500 ml air
  • 1 lbr daun salam

Cara:

  • Cuci beras & daun salam sampai bersih
  • Campur semua bahan dalam panci, masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai jadi bubur, buang daun salam, lalu saring/blender buburnya. Alus deh 🙂
  • Untuk beras merah biasanya saya rendam dulu semalem, karena teksturnya lebih keras daripada beras putih, kalau dimasak langsung, weehh ga kebayang mau berapa lama berdiri ngadep kompor :D. Cara selebihnya sama dengan beras putih.

Kalau pakai slowcooker, caranya hampir sama, cuma sifatnya kayak kita masak di rice cooker, jadi ga perlu mikir ngaduk ngaduk, lebih praktis. Caranya : cuci beras & daun salam, masukkan 3 sdm beras dengan air 220ml ke dalam SC, tinggal deh kira kira 3 jam untuk beras putih, 4-5 jam beras merah.

Untuk membuat tepung beras merah/putih, caranya :

  • Beras dicuci bersih
  • Rendam beras merah semalam, beras putih cukup 1-2 jam, tiriskan
  • Blender beras, saring untuk mendapatkan butiran halus, ulangi memblender sisa beras yang ada di saringan sampai halus
  • Sangrai beras (goreng tanpa minyak) sampai beras benar benar kering, tapi jangan sampe gosong
  • Angin anginkan sampai dingin, simpan dalam wadah tertutup

Catatan : tepung beras ini sifatnya tidak instan, jadi ga bisa langsung diseduh dengan air panas, harus tetap dimasak diatas kompor.

Naaaa itu mamamnya Tita pas usia 7m+ semoga membantu kebingungan mamah mamah yang lagi persiapan menghadapi mpasi awal *berasa ujian, selebihnya menurut kreatifitas mamanya aja. Meskipun bingung *seperti yang saya rasakan dulu … tapi semangat tetap membara untuk memberikan yang terbaik buat si baby. Semua makanan yang berbau tangan mama ha ha ha ha *lebayy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s