BUBUR KACANG MERAH BUAH (8M+)

Episode 2 pembalasan untuk kacang merah *dendam banget kayaknya hehehehe. Nggak sih, cuma berhubung kemaren beli kacang merah banyak & ternyata Tita suka, dikreasi deh jadi macem macem. Dan ini edisi perdana pake SC (slow cooker), males nungguin kacang-kacangan itu empuk hehehe, soalnyaa … ceritanya pengen bikin bubur kacang merah yang seger & gak eneg, karena eh karena kalau terlalu eneg, nafsu makan Tita jadi menurun. Dibikin deh campur sama buah buahan. Beneran seger gurih lho meskipun kedengerannya aneh, tapi Tita lahap hap hap … Cekidot yah

Sumber : hasil praktek sendiri yang sampe 3x rasanya aneh & akhirnya berhasil 🙂

Untuk 3 porsi

Bubur Kacang Merah Buah

Bahan :
50 gr Kacang merah kering, bilas air, rendam semalam
50 gr Kacang hijau kering, cuci bersih, rendam 1 jam
300 ml Air
1 bh Apel Fuji, serut
1 bh Pir Sweet, serut
1 bh Jeruk Baby, peras
1 lbr Daun pandan, simpulkan
beberapa potong pisang ambon (bisa pisang apa aja sih tergantung persediaan)

Saus :
Santan kental dari 1/2 butir kelapa
1 sdt maizena larutkan dalam air
1 lbr daun pandan

Cara :

  1. Masukkan kacang merah + kacang hijau + air ke dalam SC, masak selama 5 jam
  2. Di tempat terpisah, masak apel + pir + jeruk baby menggunakan api kecil sampai air berkurang & meletup
  3. Masukkan kacang merah + kacang hijau ke dalam rebusan buah buahan + daun pandan, masak sampai meletup, matikan
  4. Hidangkan dengan saus & potongan pisang

Saus :

Campur semua bahan jadi satu, masak diatas api kecil sampai matang

Catatan :

  1. Bagi bayi yang belum bisa makan kacang merah utuh, dicincang terlebih dahulu.
  2. Apabila menginginkan tekstur halus, blender
  3. Santan saya ambil dari perasan pertama tanpa air, kedua dengan air hangat sedikit.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s