SOSIS SAPI/AYAM HOMEMADE

Bikin sosis sendiri buat aku asyik, karena ada kepuasan tersendiri kalau lihat hasil jadinya. Rasanya pun lebih natural karena ga ada penambahan bahan makanan artifisial, so sosis ini bisa disebut sosis sehat πŸ™‚

Sumber : carapedia.com

Hasil jadi : Banyak, tergantung ukuran

Homemade Sausage 3

Bahan:

  • 600 gr daging sapi/ayam giling
  • 100 ml minyak goreng / minyak apa aja yang tidak beraroma
  • 150 gr es serut/es batu yang dihancurkan
  • 3 sdm tepung tapioka/sagu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 butir putih telur

Setelah bahan bahannya, sekarang stepnya (ga lengkap stepnya karena sambil gendong Tita, susah fokus hehehe)

Cara Membuat:

  1. Campur daging ayam/sapi dengan sebagian es serut dan garam, aduk rata
  2. Masukkan minyak, aduk rata
  3. Campurkan semua bumbu, tepung tapioka/sagu, putih telur, & sisa es parut
  4. Setelah adonan tercampur rata, masukkan ke dalam plastik segitiga, tekan tekan, usahakan jangan ada rongga udara.
  5. Semprotkan adonan ke dalam casing sosis, sampai adonan habis
  6. Ikat dengan benang setiap 10 cm atau sesuai selera

Homemade Sausage 1serasa bambu china πŸ˜€

7. Didihkan air, biarkan sebentar kira-kira 1 menit, masukkan sosis ke dalam air panas

Homemade Sausage 2

8.Β  Biarkan selama 15-20 menit, angkat

9. Langsung celupkan sosis ke dalam air dingin/air es supaya bentuknya tidak berubah

10. Tiriskan, gunting ikatan. Tunggu sampai dingin, masukkan ke dalam wadah tertutup, simpan di freezer.

Homemade Sausage 3

Taraaa ini hasil jadinya, sengaja saya buat berbagai ukuran, soalnya kalau untuk Tita, daripada ga habis & lagi lagi emaknya yang ngabisin, jadinya dibuat juga yang kecil *alibiiii πŸ˜€

103 thoughts on “SOSIS SAPI/AYAM HOMEMADE

    1. casing sosisku memang casing yg khusus buat sosis mbak, ada 2 jenis dari plastik sama dari collagen
      klo dari plastik ga bisa ikut dimakan, klo dari collagen bisa lgsung dimakan
      pakai plastik es mambo juga bisa kok, coba cari yang ukuran paling kecil, tar jadinya agak besar dikitlah dari ukuran sosis yang biasa kita beli
      selamat nyosis mbak putie πŸ™‚

      1. Ibu, terima kasih resepnya, mohon ijin saya copy. Saya mau bikin kejutan buat istri dan anak-anak. Salam buat keluarga.

      2. kalau dari plastik es lilin aman gak bunda??? kalau pakai plastik khusus sosis belinya meteran atau gimana itu???. thanks

      3. ada yg foodgrade mbak, jadi aman
        coba aja klo beli di toko plastik tanyain, mereka tahu kok
        klo beli chasing sdh dalam bentuk gulungan dari pabriknya
        jadi kita belinya tinggal pilih aja

    1. yang aku buat ini sosis ayam mbak, tapi bahannya bisa diganti pakai daging sapi klo menghendaki bikin sosis sapi
      plastik es mambo ada yang tahan panas kok, coba mbak tanya ke tokonya, plastik ukuran es mambo yang tahan panas, pasti penjualnya ngerti πŸ™‚

      1. pernah coba yg dioven momdio, caranya digantung gitu, tapi sebelum dioven ditusuk2 dulu casingnya supaya ga pecah, rasanya lebih sedap menurutku
        tapi klo dikukus blm pernah coba … boleh niy nunggu momdio yang coba
        kalo sudah jadi, tar hasilnya report ke saya klo perlu dikirim langsung kesini hehehehe

      1. Aku udah coba mbak sosis ayam, Ο‘i kukus, casing gΞ±k dapet, agak susah Ο‘i ponorogo. Akhirnya aku bungkus pake daon pisang hihi, alhasil bentuknya tuh Δ΄Ξ¬Μ²Ο‘ΙͺΜ£Μ‡ bulatnya gΞ±k sempurna deeh hehe

      2. wah kreatif itu mbak, jadi lontong sosis namanya hihihi … pake plastik es mambo juga gpp mbak klo sulit dapetin casing sosisnya
        hasilnya juga sama wownya πŸ™‚

    1. direbus pake api kecil aja mbak, air jgn sampe mendidih soalnya takut casing sosisnya pecah
      direndam aja jg bisa, caranya air didihkan kemudian matikan tunggu 1/2mnt trus masukin sosisnya

  1. selamat malam mbak,..”

    dimana ada pelatihan / kursus buat sosis.
    saya ingin usaha buat sosis. sekarang masih jadi karyawan yg underpresure bikin sutris.
    mohon petunjuknya,……… ”

    terima kasih sekali mbak.

    1. pelatihan banyak mas … coba cari di google, setahu saya kalau di surabaya ada di Tristar Culinary Institut, klo kota lain maaf belum bisa membantu πŸ™‚

  2. minggu lalu dah coba nugget ayam sendiri, anak2 senang, ayamnya cuma dicincang nggak dibender jadi terasa banget ayamnya. ini ada resep sosisny, insya Allah ntar dicoba, kalau anak2 suka bisa buat persediaan puasa nanti. thanks.

    1. silahkaan dicoba masbro …
      plastik mambo mestinya ada di semua toko plastik, minta yang khusus untuk mengukus makanan yah supaya lbh aman πŸ™‚

    1. didihkan air trus matikan api, baru masukkan sosisnya atau air yg dimasak pake api kecil selama sekitar 5-7 mnt baru masukin sosisnya

      moga2 penjelasannya dimengerti … selamat mensosis bunda πŸ™‚

  3. Makasih bwanget resepnya.. anak saya doyan banget sosis.
    Klo beli di pasaran kan takut .pengen bikin sendiri aja.
    Tahannya brapa lama klo di freezer mbak

    1. sama2 mbak Wanti, seneng bisa berbagi apalagi klo si kecil suka πŸ™‚
      kalau aku simpen sosis di freezer tahan sampai 1 th mbak … cuma memang ada perubahan rasa dikit, soalnya terlalu lama di es
      klo saranku mending bikin ga terlalu banyak supaya cepet abisnya … happy nyosis πŸ˜‰

  4. Mb’, Sosisnya kalau dioven brp lama?, dan suhunya brp?. Bisakah lsng dioven tanpa harus direbus dulu?. Terima kasih

    1. dioven lgsg bisa mbak, ga perlu di rebus dulu
      suhunya sih ga tau pastinya soalnya yg dipake oven angkring yg ga ada termometernya
      yang jelas api kecil-sedang sekitar 30 mnt
      caranya, si sosis digantung yah … jgn ditaruh di atas loyang
      agak ribet sih klo pake oven … aku sdh ogah nyoba untuk g kedua kali hehehe

  5. mba aq udah pesen casing sosis dari casingsosis.com..

    apa plastiknya memang berminyak dan tipis gitu yaa.. koq aq jadi ragu..kaya plastik biasa dia dan agak berminyak..

    mohon infonya..

  6. alhamdulillah ketemu resep sosis yg mudah n simpel… soalnya saya lagi rada galau karena mas Nuha lebih seneng mam pake sosis.. bisa habis nasi 2 centong… btw nge-rebusnya berapa lama ya mba???

  7. Mo ikut nyoba ah…
    Coz udh janji sma sepupu n keponakan klo hr minggu mao masakin mereka sosis…
    Semoga hasil nya enak y bun…. πŸ™‚

    1. saya blm pernah coba yg di ruang terbuka, perkiraan saya ga tahan lama karena tanpa pengawet n proses memasaknya ga lama
      selama ini kalau di freezer, 1 bln pun oke
      mungkin bisa dicoba trus saya dikasih tahu hehehe
      masama πŸ™‚

    1. tergantung @yahdi … klo untuk pure komersil, jelas ga mungkin soalnya berat di ongkos bahan
      tp klo untuk healthy grill sausage bisa, dengan harga yg lebih mahal drpd sosis pabrikan karena ga ada bahan additive nya πŸ™‚

  8. bener banget caranya.sya jg tiap hari bikin sosis….. cz oprtor prdksi di fiesta… hehe…kl oven pst lbih enak tu mbak…hehe…sip dah maju trus .. nice infooooo

    1. wah ada yg terjun lgsg di per-sosisan hehehe bisa dapet tips tambahan nih *ngarep
      iya mmg lbh enak yg oven drpd rebus @cley … cuma kurang telaten aja wkwkwkwk
      mungkin karena blm temu cara yg bikin enjoy
      thx banyak yah

  9. Siang sista….pas pagi2 buta td sy cari2 resep sosis yg gimpil….dpt yg ini & langsung eksekusi abis anter ank td….hasilnya 99% berhasil.1%nya bentuk kurang sempurna krn pake plastik es mambo.seneng sayanya sis hehe…..mau upload photonya tp dimana ya…..?? Sekalian ijin share di web sy di dapurmasak.com ya sis….nanti sy cantumkan yg empunya resep ini deh….ty ya….β™‘β™‘β™‘β™‘

  10. Siang sista….pas pagi2 buta td sy cari2 resep sosis yg gimpil….dpt yg ini & langsung eksekusi abis anter ank td….hasilnya 99% berhasil.1%nya bentuk kurang sempurna krn pake plastik es mambo.seneng sayanya sis hehe…..mau upload photonya tp dimana ya…..?? Sekalian ijin share di web sy didapurmasak.comΒ ya sis….nanti sy cantumkan yg empunya resep ini deh….ty ya….β™‘β™‘β™‘β™‘

    1. ah seneng dengernya klo berhasil πŸ™‚
      sebenarnya pakai plastik es mambo juga bisa bagus kok, asal pada saat masukinnya ga sampai ada rongga udaranya
      tapi yg jelas ikutan seneng hasilnya memuaskan
      silahkan klo mau di share

  11. Waah resep sosisnya bagus nih mbak endah mamahnya tita πŸ™‚ aku izin sadur untuk website kami boleh ya, nanti credits akan kami cantumkan deh πŸ™‚

    Terima Kasih πŸ™‚

  12. kalau pakai plastik es mambo saat di rebus tidak lengket dgn sosisnya kan ya mba …jd saat mau di goreng plastiknya bisa dikupas kan

    1. sama semua mbak, hanya istilahnya aja
      yg membedakan hanya, chasing/kulit/selongsong itu ada dua macam
      plastik sama collagen, plastik sblm konsumsi dibuka dulu, klo collagen lgsg bisa makan sama kulitnya
      semoga membantu πŸ™‚

  13. mbak aku dah bikin cmn pas digoreng kok lengket ya di penggorenganya ????/ kira apa nya yang salah ???/// rasanya sih enak banget

  14. Taratengkiyu ya mbak ..
    Akhirnya ada juga yg berbaik hati share ilmu resep sosis homemade …
    Segera dicoba untuk persiapan lebaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s