SIMPLE PIZZA

Malam minggu pengen bikin cemilan buat suami tercinta. Dari kemaren kemaren ada request buat dibikinin pizza. Setelah episode pizza buahnya Tita, kali ini bikin pizza dewasa yang simpel tapi yummy. Pilihan jatuh ke pizza nya justtryandtaste.com. Pizza doughnya bisa disimpan di lemari es, jadi pakai sisa dough pizza buah nya Tita. Pizzanya enyak banget, toppingnya sederhana tapi beneran yummy. Makasih mbak Endang pemilik blognya. Keren.

Sumber : justtryandtaste.com

Bahan Pizza dough :
500 gr Tepung protein tinggi >> aku pake tepung cakra kembar
1 sdt Ragi instan
1 sdt Garam
50 ml Minyak sayur
400 ml Air es

Cara :

  1. Campur terigu, garam, & ragi. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan air es dan minyak sayur, aduk rata menggunakan spatula
  3. Uleni adonan, lakukan seperti menggilas cucian. Jika adonan terasa masih basah & lengket, taburi dengan tepung. Uleni hingga adonan tidak menempel di tepi mangkuk, tapi masih melekat di dasar.
  4. Taburi meja yang sudah dialas plastik dengan tepung, tuang adonan ke meja.
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama, bentuk menjadi bola bola yang halus permukaannya
  6. Lumuri masing masing adonan dengan minyak sayur *beri sedikit agak banyak.
  7. Masukkan masing masing adonan ke dalam plastik berbeda.
  8. Simpan di lemari es semalam

Note:

  1. Mencampurkan tepung, garam, & ragi harus benar benar tercampur rata supaya ragi tidak bertemu langsung dengan garam yang menyebabkan ragi bisa mati.
  2. Bisa tahan lama disimpan di lemari es. Saya sudah simpan selama 1 bulan, hasilnya tetap bagus

Bahan Saus :
70 gr            Saus tomat botolan
30 gr            Saus sambal botolan
1/2 bag        Bawang bombay ukuran sedang, cincang
2 sg             Bawang putih
1 sdk sayur Air kaldu
gula garam merica sesuai selera
sedikit oregano

Cara:

  1. Tumis bawang putih + bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan saus tomat + saus sambal, aduk rata
  3. Masukkan air kaldu + gula + garam + merica, masak hingga harum
  4. Masukkan oregano
  5. Angkat, sisihkan

Topping :
2 bh Sosis sapi, iris
5 bh Jamur kancing, iris tipis
1/4 blok Melting Cheese
Keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat Pizza :

  1. Ambil 1 kantong plastik pizza dough, ratakan di pizza pan ukuran 24 cm
  2. Olesi pizza dough dengan saus, atur sosis & jamur kancing, taburi dengan melting cheese & keju cheddar
  3. Panggang di oven selama 30 menit atau sampai roti matang.
  4. Potong sesuai selera, sajikan

Note:

  1. Jadinya enyak, kata suami lebih enak dari yang beli *blushing deh
  2. Senengnya pizza ini, semakin dingin semakin enak. Nah lhoo …
  3. Topping bisa sesuai selera
  4. Kalau ingin rotinya tebel, pakai 2 kantung pizza dough. Kalau saya suka yang tipis aja 🙂

Pizza 1  Ini sebelum masuk oven

izza 2 dan ini setelah disajikan

Karena ga sabaran pengen tahu rasanya, potongnya tetep di pizza pan :D. Dalam waktu sekejap satu loyang tandas sama ayah & bundanya Tita. Kali ini Tita ga ikut ikutan karena bahan bahannya kurang bersahabat sama bayi hehehe. Maapin yah nak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s