HATI AMPELA BUMBU RENDANG

Ah, sudah day-8 #30hariberbagiresep ternyata … kali ini mau posting menu berat. Hati ampela ayam yang di bumbui rendang. Padahal sebenarnya aku kurang suka sama yang namanya jeroan karena lebih banyak merugikan untuk tubuh daripada manfaatnya. Nah … lalu kenapa masak jeroan kalau kurang suka?

The story behind adalah, karena kami punya peternakan ayam sendiri, yang secara berkala disembelih untuk konsumsi sendiri atau dijual dalam kondisi hidup. Pastinya pada saat menyembelih, jeroan ngikut donk, tapi karena jarang sekali masak jeroan, akhirnya terkumpullah hati & ampela (usus & jantung dibuang) itu di kulkas. Ditawarkan ke Opanya Tita, beliau ga doyan. Ditawarkan ke Akung sama Ati nya Tita, mereka sudah ga mau makan jeroan, secara usia sudah lanjut. Akhirnya koleksi hati & ampela deh :D. Sebenarnya hati bagus untuk Tita, tapi dimasak dengan cara apapun sampai jungkir balik, mulai hati utuhan sampai yang dicampur ke macam-macam masakan, dia ga akan pernah mau. Anehnya meskipun dicampurkan dengan bahan makanan lain & baunya tidak lagi terasa *menurutku*, tetap pada akhirnya dilepeh sama Tita.  Berarti satu-satunya cara ya dimasak juga, entah nanti bakal dikasih ke tetangga atau dimakan sendiri, urusan belakangan. Mensiasatinya ya dengan dimasak menggunakan bumbu favorit. Apalagi kalau bukan rendang. Bumbu paling aduhai sedunia hehehehe

Jadinya? Nyem, kebayang donk enaknya bumbu rendang yang gurih & tasty. Dan … memang enak hehehe. Ke TKP yuuuk …

RENDANG HATI AMPELA

Bahan :
10 pasang Hati & ampela
1 bh           Jeruk nipis
300 ml       Santan sangat kental (aku pake kara)
700 ml       Santan dari 2-3 butir kelapa
1 btg         Serai, geprek
2 lbr          Daun jeruk, buang tulang tengahnya
2 bh          Asam kandis
3 cm          Lengkuas, geprek
1 sdm        Kelapa parut, sangrai sebentar sampai keluar minyak

Bumbu dihaluskan :
10 sg      Bawang merah
6 sg        Bawang putih
5 bh        Kemiri
1 sdt       Ketumbar
10 bh      Cabe merah besar
10 bh      Cabe rawit
2 cm        Jahe
11/2 sdt  Garam
1 sdt       Gula

Agak tricky memang bahannya yah, secara bumbu rendang itu memang komplit plit. Cuma cara membuatnya saya buat simple dengan menggunakan presto hehehe, biar cepet tapi bumbu juga meresap, dan rasanya tetep endang gulindang :).

Cara membuat :

  1. Lumuri hati & ampela dengan jeruk nipis, diamkan 15-30 mnt
  2. Goreng hati ayam sebentar sampai lapisan luarnya mengering, angkat, sisihkan
  3. Tumis bumbu halus sampai harum
  4. Masukkan ampela beserta bumbu halus, serai, daun jeruk, asam kandis & lengkuas ke dalam presto, masak selama 30 menit atau 15 menit dari desis pertama
  5. Buka tutup presto, masukkan santan, kelapa sangrai, & hati kemudian masak lagi tanpa penutup presto, sampai bumbu meresap dan matang.
  6. Angkat, sajikan

Aku pakai presto supaya ampela bisa empuk & ga liat, kalau hati tidak aku ikutkan karena takutnya hancur dalam proses presto. Dan jangan lupa sering-sering diaduk yah supaya santannya tidak pecah & bisa menyatu dengan bumbu lain serta hati ampelanya.

Hasilnya? bisa dimakan se-RT, karena ternyata ayahnya Tita cuma nyomot 1 aja rendang hati, & aku ogah makan *padahal enak, beneran!* akhirnya nyampe deh ke piring tetangga  hehehe. Lain kali rendangnya daging aja deh, yang semua doyan :D.

Selamat me-rendang 🙂

2 thoughts on “HATI AMPELA BUMBU RENDANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s