DONAT EMPUK VLA DURIAN

Seriiing banget bikin donat, mulai yang polosan murni tepung tepungan, sampe yang pake kentang, pake ubi … tapi selalu terima komplain dari suami, katanya donatnya berasa ragi banget padahal takarannya sudah sesuai dengan resep & menurutku ga banyak banyak juga kasihnya. Baru kali ini nemu resep donat yang oke, empuk, digoreng ga gampang gosong, daaan ga ada bau ragi samsek … puas deh

Sumber : googling, & rata rata pakai resep ini yang katanya mirip j-co, cuman kok kayaknya dari milis NCC yah sumbernya …

Hasil jadi : 10 donat bolong, 10 donat bulat kecil, & 4 dibuletin

Bahan :

j-co 1

Bahan I :

425 gr  Tepung Cakra Kembar
220 ml  Air
1/2 sdt Garam
1 sdm   Ragi instan

j-co 3

Bahan II :

100 gr  Tepung terigu Cakra Kembar
1/2 sdt Garam
30 gr    Susu bubuk Full Cream
1 btr     Telur
60 gr    Shortening a.k.a mentega putih

Cara :

j-co 2

  • Campur semua bahan I , aduk hingga rata, istirahatkan selama 90 mnt dalam wadah tertutup atau tutup wadah dengan plastik clingwrap

j-co 4

  • Di mangkok lain, campur bahan II, aduk sampai rata

j-co 5

  • Campur bahan II dengan bahan I, uleni sampai kalis & licin >> ga bisa licin soalnya si baby lagi rewel heuheuheu 😥
  • Istirahatkan dalam wadah tertutup selama 15 menit
  • Gilas tipis adonan setebal +/- 1 cm, diamkan 10 menit >> ga sempet foto soalnya sambil gendong .. haiish

j-co 6

  • Cetak adonan dengan cetakan donat, diamkan 10 menit >> akibat sambil gendong, peyot semuah 😀

j-co 7

  • Goreng donat dengan menambahkan +/- 15 gr butter kedalam minyak goreng, membalik donat cukup 1 kali ajah, angkat.

j-co 8

Taraaa ini dia jadinya kalau belum diberi topping, berhubung nguleninya kurang licin, mbrindil deh jadinya

Trus mikir toppingnya, browsing sana sini kok ga ada yang sreg, favoritku sih topping greentea tapi beli bubuk greenteanya musti ol jugah … malyeeess. Pas jalan ke SPM liat liat perisa, tek tok … pandangan tertuju pada dureeeenn. Yup, bikin vla durian ajah oke kayaknya. Utek utek resep dah, inspirasi dari milis NCC juga, cuma modif sendiri

Bahan Topping Vla Durian :
150 gr White Compound Chocolate
50 ml   Susu UHT
1 btr    Kuning telur
1/2 sdt Perisa durian >> pengennya durian beneran, cuma kok ya mihil

Cara :

  1. Tim WCC dengan susu UHT hingga coklat meleleh
  2. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas terlebih dahulu, aduk cepat supaya tidak menggumpal
  3. Terakhir masukkan perisa durian, aduk rata
  4. Naaa celupin deh donat ke toppingnya, dinginkan sebentar, siap santap

j-co hasil

Ini dia nih si menul menul, shiny banget yah hehehehe

Jadinya okeh lhoo, meskipun masih perlu beberapa perbaikan tapi sudah cukup memuaskan untuk pembuatan donat sambil gendong anak. Pengennya bikin macem macem topping cuma keterbatasan waktu & tenaga, juga belum sempet eksplor topping topping lain, soalnya rodok gaya ini, emoh nyontek plek topping donatnya, ceritanya sih pengen bikin versi lain, biar punya kepuasan sendiri. Kapan kapan bikin lagi aaahhh

Duduk depan tipi or browsing sambil makan donat & minum kopi… mantaps

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s