CA BOK CHOY & JAMUR KRISPI

Masih dengan #30hariberbagiresep day-10. Kali ini menu yang aku mau bagi adalah menu ketika aku lagi kepepet banget, waktu terbatas, dan bingung mau masak apa. Kenapa? Karena menu ini sangat simpel, cepet, enak & juga bergizi. Dan yang paling penting suamiku paling seneng kalau aku masak bok choy, karena bok choy adalah sayur favoritnya dia.

Dan ini dia menunya : Ca Bok Choy dan pasangan serasinya yaitu Jamur Krispi. Sudah deh, kalau menu ini yang disajikan, nasi berapa piringpun berasa ga cukup hehehe

Ca Pokcoy n Jamur krispy

Bahan Ca Bok Choy :
4 bh Bok Choy bonggol besar >> sekitar 750 gr
4 sg Bawang putih, geprek
1 bh Bawang bombay ukuran kecil, iris halus
5 bh Cabe rawit / 1 sdt Merica hitam yang ditumbuk kasar
1 sdm Saus tiram
2 sdm Kecap manis
50-100 ml Air
1 sdm Bawang merah goreng
1 sdt Tepung maizena larutkan dengan 1 sdm air
Gula garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bawang putih & bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan cabe rawit, aduk sebentar kemudian tuangi air
  3. Setelah air mendidih, masukkan saus tiram, kecap manis, gula, garam lalu rasakan
  4. Jika rasanya sudah pas, masukkan bok-choy, masak sebentar kemudian masukkan larutan maizena, aduk hingga mengental & bok choy matang *tapi jangan terlalu matang yah, karena lebih enak kalau bok choy nya masih renyah
  5. Angkat, sajikan
Bahan Jamur Krispy:
1/2 kg  Jamur tiram, cuci bersih lalu potong menurut selera
5 sdm   Tepung tapioka
2 sdm   Tepung beras
1/4 sdt Garam
1/8 sdt Gula >> aku pakai gula halus
1/2 sdt Merica hitam, tumbuk kasar atau bisa juga merica putih, tapi kalau tidak suka merica bisa dihilangkan
1 btr  Putih telur

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan kecuali jamur & telur, aduk rata
  2. Siapkan penggorengan dengan minyak panas yang banyak
  3. Celupkan  jamur ke dalam putih telur, kemudian masukkan ke dalam campuran tepung & goreng
  4. Angkat, tiriskan & siap disajikan
  5. Kalau mau lebih renyah bisa menggunakan baking powder, tapi aku ga pernah pakai dan tetap renyah. Jika suka menggunakan bumbu penyedap bisa dicampurkan bersama campuran tepung

Simpel banget & tidak makan waktu banyak, setengah jam bisa jadi. Like it 🙂

6 thoughts on “CA BOK CHOY & JAMUR KRISPI

    1. Kadang kalau saya, bawang putih goreng garing ditabur diatas tumisannya …
      memang lebih nendang mba, tapi suami kurang suka karena aromanya jadi lebih tajam katanya *pisau kali hihihihi

    1. kalau aku ga pernah bikin pakai air mba
      lebih suka celup putih telur trus masukkan ke terigu, menurutku hasilnya lebih renyah
      coba dibandingkan aja mba, mana suka silahkan dipraktekkan
      soal selera sih 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s