BOLU MALVINAS

Bolu satu ini selalu ngingetin kenangan masa lalu … sukaaa banget, dulu setiap ada acara entah kemanten, kenduri, ato bahkan tahlilan, bolu ini ga pernah ketinggalan. Tapi ga tahu kenapa sepertinya sekarang ini jarang banget nemuinnya, kecuali kalau beli di pasar harga 1000-an. Pengen coba bikin sendiri aahh semoga bisa bagus hasilnya *sering gagal sama mbak bolu -_-‘*.

Sumber : resepnya temen yang jualan kue

Hasil jadi : 11 buah

Okay, start with bahans

BOLU MALVINAS I

250 gr Tepung terigu protein sedang
125 gr Gula kelapa>> bisa gula aren, tapi menurutku kurang gurih
125 gr Gula pasir
1 btr Telur, kocok lepas
50 gr Margarin
1/4 sdt Soda kue
1/2 sdt Baking powder
Vanilli

Bahan udah, sekarang caranya. Seneng banget bikin kue ini soalnya ga perlu mikser & oven, cuma aduk aduk, kukus, selesai. Ga ribet 🙂

BOLU MALVINAS III

Ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, sisihkan

BOLU MALVINAS II

Rebus gula kelapa & gula pasir dengan 1 gelas air, saring, dinginkan
Cairkan margarine, sisihkan

BOLU MALVINAS IV

Masukkan tepung ke dalam air gula sambil diaduk sampai rata, aduknya memutar dengan arah yang sama & stabil yah >> salah satu tips supaya bolu mekar

BOLU MALVINAS VII

Setelah rata, masukkan telur sambil terus diaduk

BOLU MALVINAS VI

Tambahkan margarin cair

BOLU MALVINAS V   BOLU MALVINAS VIII

Ini nih,setelah kecampur … lalu siapkan kukusan, panaskan sampai benar benar panas, supaya bolu bener bener mekar membahana.
Masukkan adonan bolu ke cetakan & kukus selama 15 menit dengan api besar

Naaa setelah 15 menit, begini nih jadinya … cuma beberapa kali bikin kok ga bisa ngeprul kayak yang beli beli itu yah?? Rasa sih enyak, cuma masih pengen tekstur yang ngeprul gitu. Wah harus belajar dari ahlinya kalau kayak gini, tapi siapa yah 😀

BOLU MALVINAS IX

Membahana kaaaan?? Bikin lagi ah … semoga kali ini bisa ngeprul

 

Advertisements

2 thoughts on “BOLU MALVINAS

  1. diemin adonan dulu 45menit mbak baru dikukus.
    trus airnya diganti santan kental (aq si pake kara yg mungil itu). dijamin ngakak membahanaaa hahahahah…….!!
    pernah juga gula merah kuganti coklat blok, brownies amanda lewat deh..(sombong sekali nih ceritanya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s