PAPAYA – MAMANYA

Suatu hari, “Papayaaa” (ga pake n)

Lain hari, “Mamanyaaa” (pake n)

Aiihh … apalagi ini Tita??

Panggilan-panggilan itu muncul sebulan yang lalu, ketika tiba-tiba Tita berteriak memanggil ayahnya dengan “papaya” & memanggilku dengan “mamanya”. Lah, padahal panggilan Papa-Mama (ga pake ya & nya) sudah menghilang semenjak Tita usia 11 bulan  (“ATAH & NDA”). Haishh … piye to iki?

Ceritanya dari Tita lahir aku & suami sepakat untuk memberikan panggilan kepada kami berdua dengan sebutan Papa-Mama (bahkan sempat juga mommy untukku), soalnya saudara-saudara kami banyak yang menyebut dirinya dengan Ayah-Bunda atau Ayah-Ibu. Nah, supaya ga terlalu sama, kami membiasakan panggilan Papa-Mama kepada Tita supaya lebih bervariasi :D. Tapi ga tahu kenapa & dari mana, ketika Tita usia 10m, dia memanggilku dengan sebutan Nda dan memanggil suamiku dengan sebutan Atah. Mungkin dari TV atau mungkin dari saudara-saudara kami, kami berdua ga pernah ngerti. Yang pasti panggilan itu terdengar spontan di telinga kami berdua dan seolah-olah Tita sudah paham betul kepada siapa panggilan itu ditujukan. Bahkan Akung & Ati pun heran, darimana sebutan itu berasal. Tapi yah itulah Tita, terkadang suka asal hihihi.

Atah & Nda. Oke lah kalo begitu. Kesepakatan pun berubah. Mulai saat itu, kami membiasakan diri dengan sebutan Ayah-Bunda.

Tapi oh tapi, kenapa panggilan papa-mama balik lagi Tita?? Sudah bosankah manggil Ayah & Nda?? *haduh geleng-geleng ga ngerti. Kami yang biasa bilang “Adek, sini peluk ayah …” atau “Adek, bunda cium donk …” jadi bingung mau di-bahasa-kan apa lagi :D. Mungkin kali ini dia mencoba eksplorasi nama orang tuanya dengan mencoba semua bahasa yang berdefinisi sama, yaitu Ayah & Ibu. Ga pa pa sih, cuma bingung aja mau nyebut yang mana. Tapi sekarang muncul satu lagi pertanyaan baru, kenapa ada tambahan “ya” untuk sebutan papa dan tambahan “nya” untuk sebutan mama? Hahaha Emak Bapaknya diajak mikir lagi. Bingung lagi …

Setelah beberapa waktu membiasakan diri dengan kebiasaan Tita menyebut kami dengan panggilan papa-mama ala Tita pake ya & nya, secara tidak sengaja akhirnya kami pun menemukan jawaban.

Tita paling suka belajar nama-nama buah. Alhamdulillah, setiap diminta menunjukkan gambar buah yang dimaksud, Tita langsung tahu. Mulai nama buah yang lazim banyak ditemui di pasaran dan dia temui piringnya, semisal nanas, pisang, apel dsb sampai buah yang belum pernah ditemui a.k.a hanya tahu dari gambar seperti buah peach, apricot, blackberry dsb, dia langsung tanggap. Dan buah pertama yang namanya bisa dia sebutkan dengan jelas hanya dengan melihat gambar adalah pepaya.

Nah, disinilah kuncinya. Suatu hari ketika Tita sedang memegang gambar buah-buahan dan mendapati gambar pepaya, dengan senang dan lantangnya dia berteriak, ”Mamanyaaa … Papaya” sambil tertawa ngakak. Dia tertawa sambil menunjuk gambar buah itu lalu langsung menunjuk ke arah ayahnya :D. O o o aku langsung ngeh … ternyata panggilan Papaya itu muncul kembali karena mirip dengan nama buah favorit Tita. Mungkin kata kunci inilah yang kemudian mengembalikan ingatannya akan panggilan papa-mama (kok berasa bilang anakku amnesia ya ). Kata “Pepaya” lah yang membuat memori Tita me-review kembali panggilan papa-mama yang pernah kami berikan padanya sebelum usia 10 bulan. Karena berdasar penelitian yang aku baca tapi lupa sumbernya (tar dicari deh :D), anak berusia 0-5 th adalah copycat paling bagus dari lingkunganya & memiliki kemampuan merekam yang luar biasa. Bahkan bila dilatih secara maksimal dalam satu waktu, anak 0-5th mampu menguasai 5 bahasa yang berbeda sekaligus. Wah pantesan …

Ya sebagai orang tua sih, ga ada masalah mau dipanggil apa aja oleh Tita, toh semua panggilan itu bagus dan memiliki arti sama. Apalah arti sebuah nama, bunga mawar apapun namanya tetap akan harum. Hanya saja jadi terdengar aneh ketika sudah terbiasa dengan satu panggilan harus berubah lagi.

Ah, apapun itu .. kami tetap sayang padamu our Tita :-*

Advertisements

3 thoughts on “PAPAYA – MAMANYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s