SELF MOTIVATED Part 1

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”

Penggalan ayat surat Al-Baqarah 286 di atas, meskipun hanya sebaris, tapi sering kali jadi kekuatan psikologis untukku menghadapi apapun yang memberatkan jiwa & raga. Segala ke-tidaksanggupan yang menyesakkan dada, disertai air mata dalam diam, seketika luruh dan berubah menjadi semangat tersendiri untuk menghadirkan pelangi setelah badai. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini, walaupun harus dilalui dengan segala kesulitan.

Yepp!! Hidup memang ga mudah, karena semua harus dilalui lewat perjuangan. Tapi yang tetap harus diingat bahwa ga ada perjuangan yang sia sia karena Allah tidak pernah tidur, hanya sabar & tawakal yang bisa membantu kita meringankan segala beban. Aahh jadi inget satu masa ketika duduk di ruang kelas kuliah psikologi. Bahwa setiap manusia punya defense mechanisme yang tidak disadari & secara otomatis akan muncul ketika ada ancaman dari luar. Bahkan secara ilmiah pun kemampuan untuk bertahan & berjuang itu ada pada setiap manusia. Hanya saja bagaimana cara kita mengolah sistem pertahanan kita menjadi perilaku yang positif, itu yang penting.

Dalam ke-tidakberdaya-an & kelumpuhan, kata “semangat” adalah harta karun berharga yang paling dicari siapapun. Betapa sulitnya mencari semangat untuk bisa bangkit & terus berlari ketika terpuruk. Coba seandainya ada toko yang menjualnya, dijamin pasti laku.

Kadang terpikir ga bisa bayangin kalau seandainya aku seperti mario teguh yang bisa mengucapkan kalimat kalimat berefek menginjeksi motivasi orang lain, apa aku juga bisa kuat menginjeksi diriku sendiri?

Kalau aku seperti Oprah Winfrey, yang dijadikan inspirator bagi jutaan orang, apa aku juga bisa kuat mempertahankan halo effect yang menempel di aku?

Kalau aku si Obama yang jadi Presidaen USA orang kulit hitam pertama, apa aku juga bisa membendung kritikan bertubi-tubi

Ternyata memang Allah sudah menempatkan setiap orang pada posisinya masing … tinggal bagaimana kita pandai bersyukur & mensyukuri segala yang kita punya. Berat memang, tapi tetap yakin bisa menjalani. Karena … Allah tidak membebani suatu keadaan di luar kemampuan kita.

Mulai semua dengan Bismillah 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s